Amazing, Surat Ini Laku Setengah Trilyun

0

image

Sebuah surat kuno laku terjual di acara lelang dengan harga yang fantastis. Tidak tanggung-tanggung, harganya mencapai lebih dari setengah triliun rupiah.

Surat kuno berbahasa Mandarin ini ditulis oleh politisi dan cendekiawan terkenal, Zeng Gong. Secarik surat ini ditulis pada tahun 1080, saat masa Dinasti Song.

Di acara lelang barang kuno, surat ini dibeli oleh seorang pecinta barang antik, Wang Zhangjun. Harganya tak main-main, sebesar 207 juta yuan (US$43 juta) atau setara dengan Rp581 miliar.

Padahal, secarik kertas tersebut adalah cataran harian Zeng. Selama dua belas tahun, pria ini jauh dari keluarga karena berdinas. Surat yang berjudul “Ju Shie Tie” ini cukup singkat, hanya ditulis dengan 124 karakter.

Lalu, apa yang membuat surat ini menjadi sangat mahal? Dream.co.id mengutip dari laman kampungbaca.com, menceritakan tentang surat itu, sebagai berikut.

Mungkin sebagian besar dari Anda akan menganggap harga tersebut terlalu berlebihan. Namun inilah kenyataannya, sebuah surat kuno berbahasa China yang ditulis tangan oleh seorang politis dan cendekiawan terkenal bernama Zeng Gong, laku terjual dalam sebuah acara lelang barang kuno seharga 207 Yuan ($43 juta USD) atau sekitar Rp. 581 miliar.

Surat tersebut dibeli oleh seorang konglomerat pecinta barang kuno bernama Wang Zhongjun, dalam sebuah acara lelangan pada Minggu malam. Sebuah harga yang bisa dibilang super fantastis untuk ukuran benda kuno yang hanya berupa surat kertas. Surat tersebut ditulis oleh Zeng Gong pada tanggal 27 September 1080, atau tepat pada masa Dinasti Song (sekitar tahun 960 – 1270 Masehi).

Terdiri dari 124 karakter, surat yang berjudul  “Ju Shie Tie” tersebut berisi mengenai catatan harian Zeng Gong, selama 12 tahun jauh dari keluarga dan orang terdekat lantaran menjalani tugas dinasnya di pemerintah daerah. Dalam surat tersebut, dia mengucapkan rasa terimakasih kepada para teman yang tidak dikenalnya karena telah bersikap suportif selama ia bertugas. Namun dilain sisi, Zeng juga mengungkapkan rasa ketidakpuasannya karena belum mampu mengimplementasikan ide – ide politiknya di istana.

Yang membuat surat tersebut sangat mahal adalah, Zeng Gong merupakan salah satu dari delapan master prosa dari Tang (618 – 907) dan dinasti Song. Sangat sedikit sekali dari semua tulisan – tulisannya yang masih ada hingga kini. Semua karya – karyanya adalah intan permata dan menjadi buruan banya orang, terutama para kolektor barang – barang kuno dan langka.

Sebelumnya, surat tersebut  pernah dibeli oleh salah seorang kolektor barang antik asal Belgia dalam acara Poly’s Autumn Auction di Hongkong pada tahun 2009 seharga 108 juta Yuan ($22,6 juta USD).[]dream.co.id:SumberKampungbaca.com

Komentar Anda
SHARE