Alhudri Inspektur Upacara Hari Pahlawan di Takengon

0

Plt. Bupati Aceh Tengah, Alhudri menyalami seorang Legiun Veteran di peringatan Hari Pahlawan

TAKENGON-Plt Bupati Aceh Tengah, Drs H Alhudri MM bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan hari pahlawan di Takengon, Aceh Tengah membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa.

Ratusan pelajar SMP, SMA sederajat, para PNS dan TNI/Polri terlihat memadati lapangan Setdakab Aceh Tengah tempat dilaksanakannya upacara memperingati hari pahlawan di Takengon, Kamis 10 Nopember 2016.

Melalui sambutan, Menteri Sosial RI Khofifah menyampaikan, hari pahlawan merupakan momen reflektif untuk memaknai pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan.

“Peringatan hari pahlawan didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945,” sebutnya.

Peristiwa itu katanya, memberi pelajaran moral bagi generasi bangsa sebagai warisan terbaik para pahlawan bangsa bukan merupakan politik ketakutan melainkan politik harapan.

“Seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” ucap Khofifah.

Disampaikan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan para kesuma bangsa itu telah menunjukkan betapa spirit perjuangan, mental dan karakter kepahlawanan memiliki daya hidup luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dan penderitaan.

Karena itu menurut Khofifah, melalui peringatan hari pahlawan generasi bangsa harus mampu menggali apinya bukan abunya.

“Semangat kepahlawanan adalah semangat rela berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi,” ungkap Khofifah mengutip ungkapan Bung Karno.

Ditambahkan, semangat persatuan yang bulat, mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. “Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun bangsa,” tuturnya.

Peringatan hari pahlawan di Aceh Tengah diwarnai dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah ahli waris pejuang kemerdekaan RI. Secara simbolis diserahkan langsung oleh Plt Bupati Aceh Tengah, Drs H Alhudri MM.

Hadir pada kesempatan itu Sekda Aceh Tengah Karimansyah, Waka Polres, Dandim 0106 Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, Ketua Mahkamah Syariah Drs Munir SAg MH serta sejumlah kepala SKPK. (Rel) 

Komentar Anda
SHARE