Alhudri Ingatkan Reje Berhati-Hati Terhadap Penggunaan Dana Desa

0

TAKENGON-   Plt. Bupati Aceh Tengah Alhudri hadiri acara Sosialisasi  penggunaan dana desa tahun anggaran 2017 bagi aparatur pemerintah dan pemerintahan kampung serta mukim sekabupaten Aceh Tengah, Jumat 3/2/2017. di Gedung Olah Raga dan Seni Takengon Aceh Tengah.

Alhudri memberikan pengarahan dan penyuluhan terkait banyak di temukannya penyimpangan pada pengelolaan Anggaran Dana Desa yang telah bergulir pada periode tahun-tahun sebelumnya (2015-2016). Alhudri juga sempat menyinggung tentang sejumlah desa yang terindikasi tersangkut atau bermasalah dalam pengelolaan dana desa tersebut, ia berharap agar aparatur pemerintah dan pemerintahan gampong  (camat, Reje dan perangkat desa lainya) agar berhati-hati terhadap anggaran yang telah di berikan oleh negara tersebut dan jangan sampai tersandung hukum.

Untuk pengelolaan Anggaran dana Desa 2017, Alhudri berpesan kepada aparatur pemerintah dan pemerintahan desa, agar adanya ke transparanan dalam pengelolaan, serta peningkatan kerjasama antar pihak terkait, antara lain Reje Kampung yang non PNS selaku Kuasa Pengelola Anggaran, dengan Sekertaris Desa. Alhudri  berharap untuk periode tahun 2017, tulah atau upah untuk Reje agar akan dinaikan jumlahnya, mengingat selama dana desa bergulir Reje lebih dominan merasakan dampak yang sangat menonjol, baik dari tenaga maupun fikiran.

Kepada Camat dan Reje kampung Alhudri berpesan agar memperbaiki sistem pengelolaan dana tersebut, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pengelolaan infrastuktur desa (antara kewajiban provinsi, kabupaten dan desa dalam kecamatan), juga berhati-hati dalam membuka lahan jangan sampai masuk dalam kawasan hutan lindung, demikian Alhudri menerangkan dalam forum tersebut.

Jumlah Anggaran Dana Desa (ADD) 2017 yang masuk ke Kabupaten Aceh Tengah dan di umumkan oleh Plt. Bupati Aceh Tengah Alhudri Adalah senilai Rp221 milyar untuk dana APBN serta di tambah jumlah alokasi dana yang di himpun dari sumber retribusi dan APBK yang masuk ke Kabupaten Aceh Tengah bernilai Total Rp280 milyar lebih.

Untuk tahun 2017 Alhudri mengatakan dana desa akan di salurkan berjumlah kurang sedikit dari Rp. 1 milyar. Kedepan Alhudri menjelaskan bahwa pemerintah daerah akan terus memperbaiki sistem dalam pengawasan terhadap pengelolaan dana desa tersebut.(Erwinsp)

Komentar Anda
SHARE