Alarm Pendeteksi Banjir Inovasi Kreatif  Murid SD Negeri Alur Gading 

0

Raihan, S Sedang menunjukkan cara kerja Alaram Banjir 

REDELONG: Raihan S, murid Sekolah Dasar ( SD) Negeri Arul Gading Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.  ciptakan inovasi kreatif sebuah alaram  pendeteksi  Banjir. 

Murid Kelas 6 ( enam ) Sekolah Dasar itu  mengaku dia belajar membuat alaram banjir dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) di sekolahnya, hal tersebut disampaikan pada saat dikonfirmasi Kabargayo Senin ( 14/11 ) di Stan SDN Alur Gading pada acara Pameran Karya Seni dan penampilan benda Budaya yang di laksanakan Dinas pendidikan Bener Meriah. 

Raihan mengatakan, dai membuat alaram pendeteksi Banjir dari bahan yang sederhana, seperti taberwer sebagian wadah penampungan Air, bola listrik,kabel, selang, corong pengisi air, selop swealo bekas atau sejenisnya dan selang. Ujar Raihan. 

Raihan menamai karyanya itu alaram banjir, pasalnya dalam simulasi  yang ditujukan Raihan pada Kabargayo, bila air dalam taberwer itu penuh sampai menyentuh bola pijer yang telah dirakitnya maka bola tersebut akan menyala, sebaliknya bila air itu dikurangi lagi secara otomatis bola itu tidak menyala lagi. 

Alaram Banjir Karya seni Raihan Murid Kelas Enam SDN Alur Gading

” Apabila itu dipasang dilaut maka dapat menjadi sebuah alat pendeteksi Banjir, karena apabila air laut pasang maka alaram itu akan menyala, dan apabila air surut maka lampu itu padam” 

Jaiyah, S.pd yang merupakan guru kelas disekolah dasar Alur Gading yang kebetulan berada di Stan tersebut, membenarkan bahwa alaram banjir itu merupakan karya Raihan muridnya. 

” Benar alaram banjir tersebut merupakan karya Raihan anak murid saya, yang duduk dibangku kelas enam di SDN Alur Gading. Raihan mempelajari itu membaca dari buku pelajar IPA dan kami membimbingnya untuk dia mencoba memperaktekan  apa yang dibacanya didalam mata pelajaran IPA tersebut ” kata Jaiyah. 

Karya inovasi murid SDN Alur Gading yang saat ini dipimpin Jailani, S.pd sebagai Kepala Sekolah turut ditampilkan dalam pameran karya seni dan benda Budaya yang akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 14 sampai 16 November 2016 di halaman Gedung Olah Seni dan Raga ( GOSR ) Kabupaten Bener Meriah, yang telah resmi dibuka Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo. MM.

Inovasi Kreatif Alaram Banjir Karya seni Raihan, menunjukan murid Sekolah Dasar juga mampu menciptakan sebuah inovasi yang kreatif. Dan apabila itu terus dikembangkan tidak menutup kemungkinan inovasi-inovasi kreatif lainnya dapat dihasilkan Raihan Raihan lainnya. Untuk itu Dinas Pendidikan dan Pemerintah daerah diharapkan terus memberikan motivasi agar anak didik di Bener Meriah mampu bersaing ketingkat Provinsi, bahkan tingkat Nasional.   ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE