Akibat Corona, Anto Banting Stir Menjual Bunga Putri Junte

  • Whatsapp
Tanwir anggota Mapolres Aceh Tengah, menawar Bunga Putri Junte di Taman Tugu Aman Dimot. (foto-putra gayo)

Kabargayo.com Takengon; Wabah corona telah membuat pundi-pundi perekonomian masyarakat terpuruk. Bukan hanya sebagain kecil, namun semua tatanan “kacau” dengan kondisi saat ini. Apalagi perekonomian masyarakat menegah kebawah, seperi tukang becak. Selama ini hanya mengandalkan penumpang umum dan anak-anak sekolah.

Anto salah satu tukang becak yang terpaksa banting stir mencari pekerjaan yang bisa membantu perekonomian keluarga. Menurutnya, penghasilan sebagai tukang becak mesin hari ini tidak lagi bisa menghidupi keluarganya.

“Saya terpaksa banting stir sebagai tukang becak bang. Wabah corona ini membuat penghasilan kami tergerus, karena tanpa penumpang, apalagi sekolah-sekolah libur,” kata Anto dengan mengenakan topi menghalau terik matahari.

Anto menurunkan bak becaknya dan memasang rak bunga terbuat dari besi yang diisi dengan bunga Putri Junte. Dalam rak bunga yang dijajakan dengan mengunakan bekas becak miliknya Anto berkeliling kota Takengon untuk menjual.

Dan sesekali berhenti di depan Taman Tugu Aman Dimot, menunggu pembeli. Menerutnya alih profesi pada saat covid-19 ini harus cepat dilakukan. “Kalau bertahan sebagai tukang becak saya sangat mengalami kesulitan ekonomi,” kata Anto, (30/4).

Anto warga Kota Takengon, banting stir dari tukang becak mesin menjadi penjual bunga ditengah wabah corona. (foto-putra gayo)

Disampaikan Anto, bunga Putri Junte yang perawatanya hampir sama dengan Anggrek didapatnya dari hutan, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Dalam satu hari sebagai profesi baru, Anto bisa menjual 3-4 bunga dengan harga pariatif. “Satu bunga bisa dengan harga, senilai, Rp.130 ribu. Dan ada juga yang harga senilai, Rp.40 ribu,” terang Anto.

“Alhamdulilah dalam sehari ada laku 3-4 bunga. Dan cukup untuk kebutuhan keluarga, apalagi ini akan memasuki hari raya Idul Fitri,” tutur Anto sambil menawarkan bunga Putri Junte kepada salah seorang anggota polisi. (putra gayo/Arsadi)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts