Tingginya Intensitas Curah Hujan Jalan Takengon-Bireun Rawan Longsor

0

TAKENGON-    Longsor yang terjadi di Aceh Tengah, jalan lintas Takengon-Bireun, tepatnya di kawasan Bukit sama, terjadi Kamis 20/4/2017, menyebabkan arus lalulintas mengalami kemacetan. Unit jajaran Polantas Aceh Tengah dan Babinsa Koramil 03 Kodim 0106 Kabupaten Aceh Tengah, melakukan sterilisasi dan pengamanan pada area lokasi longsor.

Insiden terjadinya longsor yang menimpa ruas jalan Takengon-Bireun, menurut saksi mata dan berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar lokasi yang berhasil dihimpun oleh wartawan, diduga terjadi sekitar jam 1:00 wib. malam tadi. Curah hujan yang tinggi menurut warga sekitar, mengakibatkan tebing yang berada di samping jalan tersebut ambruk dan menutup badan jalan.

Unit Polantas Aceh Tengah, dibawah komando Kasatlantas Radhika yang saat itu menerima laporan dari masyarakat, langsung menuju lokasi longsor dan melakukan pembersihan di TKP, berupaya melakukan pencangkulan longsoran tanah untuk membuka ruas jalan.

Menurut keterangan Akkub Gaza selaku Kanit Turjawali Unit Lantas Aceh Tengah yang mewakili Kasatlantas Aceh Tengah, telah melaporkan kepada Kapolres tentang insiden tersebut. Dirinya bersama dengan Radhika selaku Kasatlantas Polres Aceh Tengah, beserta jajaran telah melakukan upaya optimalisasi arus lalulintas, pencangkulan tanah longsor dan sistem rekayasa buka tutup jalan, bertujuan menormalisasi akses jalan.

Akkub Gaza juga menghimbau, kepada masyarakat pengguna jalan. “Agar berhati-hati, karena jalan masih licin dan musim hujan, khususnya pengendara roda dua dan empat”, demikian yang disampaikan oleh Akkub Gaza mewakili Kasatlantas Polres Aceh Tengah.

Sementara itu Dozer Alat berat dari Dinas PU Provinsi Aceh yang tiba dilokasi tanah longsor pada pukul 10 wib, bekerja sama dengan satu unit Bulldozer milik PT. DEP, melakukan pembersihan. Menurut keterangan Tufik selaku pengawas paket jalan Bireun-Takengon, keterlambatan pihaknya tiba dilokasi karena alat berat yang mereka miliki tidak berada ditempat, dengan alasan sedang melakukan pembersihan longsor di wilayah Km.24.  (ErwinSp)

Komentar Anda
SHARE