Aceh Documentary Junior latih 16 Siswa Membuat Film Dokumenter

0


BANDA ACEH: Ajang kompetisi ide cerita film dokumenter kategori pelajar Aceh, Aceh Documentary Junior (ADJ), yang dilaksanakan oleh Yayasan Aceh Dokumenter pada Senin(20/02), telah memasuki tahap penyeleksian dan akan melaksanakan basic training di Banda Aceh.

Dari puluhan proposal yang dikirim oleh pelajar Aceh yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Panitia ADJ telah melakukan beberapa tahapan seleksi, yaitu tahapan 20 besar dan kini tiba di tahapan 8 besar. Kriteria penilaian diantaranya adalah kelengkapan persyaratan serta ide cerita yang ditawarkan menarik dan sesuai dengan tema yang diusung.

“ADJ merupakan kompetisi pencarian calon sineas pelajar Aceh, hadirnya kompetisi ini adalah sebagai ruang edukasi bagi pelajar” ujar Irza Ulya selaku manager Program ADJ 2017.

Menurutnya kepedulian pelajar terhadap daerah maupun lingkungannya sangat besar, Sehingga ADJ mengajak sineas pelajar Aceh untuk peduli terhadap keresahan dan isu-isu yang telah dan sedang berkembang di Aceh hingga saat ini.

“Mereka mempunyai sudut pandang yang unik, dikarenakan pada usia tersebut dalam mengambil keputusan dan tindakan tidak terpengaruh oleh faktor-faktor luar, namun lebih kepada keresahan mereka sendiri” jelasnya.

Irza juga mengatakan, peserta yang lolos 8 besar akan diundang ke Banda Aceh guna dibekali dasar-dasar pembuatan film dokumenter mulai dari riset, treatmen, shooting hingga editing, selama proses basic training berlangsung.

Para peserta yang telah mengikuti training akan dipersilahkan kembali ke daerah masing-masing guna melakukan riset lanjutan, selanjutnya hasil riset dikirimkan kembali kepada panitia dan diseleksi menjadi lima ide cerita terbaik untuk diproduksi.

Sementara itu, Direktur Aceht Documentary, Jamaluddin Phonna mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program Yayasan Aceh Documenter dikhususkan untuk  katagori pelajar. “Kami juga melaksanakan program tahunan untuk kategori umum, yaitu Aceh Documentary Competition (ADC) yang sudah berjalan 4 tahun, dan Insya Allah tahun ini akan segera dibuka,” pungkasnya.

Adapun ke-16 peserta dari 8 tim yang lolos ke tahap Basic Traning ADJ 2017, adalah: Agam Suharbillah & Farhan Alfitrah (SMA 4 Wira Bangsa Meulaboh),  Sinta Nadia & Nurwati (SMAN 1 Delima), Nursalliya Ansari B. & Novira Ulfatun (MAN 1 Pidie),  Harir Rizkytullah & Abdul Hakim (MAN 1 Pidie) Sayufil Aksar & Randi Khardova (SMA 1 Indrapuri), Rukiah & Ira Sanjaya (SMAN Unggul Subussalam), Zubaili & Apriliandi (SMAN Unggul Subussalam) dan Qurrata ‘Ayuni & Geubri Al-Varez (SMAN Unggul Subussalam). (REL)

Komentar Anda
SHARE