Abuya Sarkawi Buka Debat Bahas Arab Tingkat Wustho

 REDELONG: Dinas pendidikan Dayah Kabupaten Bener Meriah mengelar Debat bahasan arab untuk tingkat Wustho, yang diikuti sedikitnya 9 Dayah di Kabupaten Bener Meriah Senin (24/7/2017) di halaman kantor dinas Pendidikan daya setempat.

Debat bahasa arab tingkat wustho tersebut dibuka Wakil Bupati Bener Meriah Tgk H. Sarkawi yang turut dihadiri Ketua MPU Bener Meriah Tgk. Almuzani, anggota DPRK Bener Meriah Tgk Muhammad Amin, dan para pimpinan Dayah.

 Dalam sambutannya Abuya Sarkawi mengatakan, debat bahasa arab ini perlu untuk dilaksanakan karena sangat baik dilaksanakan untuk memicu semangat pelajar menguasai bahasa arab serta dapat memotivasi pelajar untuk mengemban potensi diri. Kata Abuya Sarkawi.

 Bupati Bener itu  menambahkan, bahasa arab juga adalah salah satu bahasa internasional dari lima bahasa didunia. Untuk itu kecintaan terhadap arab juga karena ada tiga hal, yang pertama Nabi Muhammad SAW berasal dari tanah Arab, yang kedua tulisan dalam kitab suci Al-quraan juga tulisan arab dan yang ketiga bahasa merupakan bahasa yang dianjurkan untuk memunajabakan do’a.

” Selain itu ada dua aspek  penting dalam debat bahasa arab, yang pertama bahasa arab penting untuk dipelajari karena bahasa arab merupakan salah satu bahas internasional dari lima bahasa di dunia, selain bahasa Inggris, bahasa mandarin, Cina, dan India yang kedua untuk aspek pengembangan kapasitas menguasai bahasa arab “.

 Abuya Sarkawi juga memberikan beberapa pertanyaan pada para peserta dengan menggunakan bahasa arab, sebelum menutup arahannya Abuya Sarkawi mengharapkan pendidikan dayah kedepannya bernaung dibawah Dinas pendidikan dayah agar kurikulum bahasa arab dapat ditingkatkan.

 dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bener Meriah Abu Bakar Am. Pd mengatakan, debat bahasa arab sebelumnya juga telah dilaksanakan pada tingkat Ula dan Wustho.

” Debat bahasa arab dilaksanakan seluruh Dinas Pendidikan Dayah di Aceh, yang dialokasikan dari anggaran APBA, dimana untuk Kabupaten Bener Meriah ada 11 Dayah namun tidak semau Dayah pada hari ini mengirimkan persertanya Kata Abu Bakar.

 menambahkan, seharusnya debat bahasa arab ini Dinas Pendidikan Dayah tidak perlu lagi mengirimkan undangan pada setiap Dayah, Dinas Pendidikan Dayah cukup hanya memberitahukan. Papar Abu Bakar.

 Pendidikan Dayah itu juga menuturkan, tujuan untuk dilaksanakan debat bahasa arab ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum bahasa arab dan penguasaan bahasa arab bagi santri didayah  yang tentunya menurut penilaian dewan juri. Dan bila mana kelemahan penguasaan bahasa arab didayah masing-masing telah dapat diketahui maka kedepannya untuk dapat ditingkatkan melalui evaluasi ini. Tutur Abu Bakar. (Gona)