40 Santri dari 17 Dayah Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Lomba Qiraatul Kutub

REDELONG: Sedikitnya 40 peserta dari perwakilan 17 Dayah di Kabupaten Bener Meriah, mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Badan Dayah setempat. Rabu 27 September 2017 di Gedung serba guna pasar Simpang Tiga.
Selain pelatihan jurnalistik, Dinas Pendidikan Badan Dayah juga memperlombakan Qiraatul Kutub untuk tingkat Madin Ulya dan Hustwo selama tiga hari sejak 27-29 September 2017.

Abu Bakar Kepala Dinas Pendidikan Badan Dayah dalam laporanya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan menindak lanjuti program Dinas Dayah Aceh untuk menyelenggarakan perlombaan Qiraatul Kutub dan memahami dunia jurnalistik.

Menurutnya, perlombaan Qiraatul Kutub selain memotivasi para santri untuk meningkatkan pengetahuannya membaca huruf gundul, juga membangkitkan kesadaran santri tentang pentingnya Qiraatul Kutub yang sesuai dengan Qawaid ulama yang terdapat pada kitab-kitab klasik itu. Ungkap Abu Bakar.

Terkait pelatihan jurnalistik Abu Bakar meminta para peserta untuk serius mengikutinya, karna menurutnya banyak informasi yang diketahui masyarakat dari berita di media cetak maupun tulis.

” Dengan informasi yang disampaikan media, banyak berita penting yang didapatkan masyarakat “.

Untuk itu, guna untuk memahami kaidah kaidah berita yang akurat bukan hoak perlu memahami cara membuat berita dan menyampaikannya kepublik. Pinta Abu Bakar.

Sebelum menutup laporanya dia berharap, sejauh ini sudah banyak Dayah yang ada di Bener Meriah secara kualitas ilmu tidak berbeda jauh dengan yang ada diluar daerah. Untuk itu bagi masyarakat yang ingin masuk pasantren kedepannya tidak perlu lagi keluar daerah, dan bagi pimpinan Dayah juga harus berinisiatip supaya Dayah-dayah didaerah ini diminati.

Sementara itu membacakan pidato Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili staf ahli bidang keistimewaan dan sumbernya manusia Drs. Usman, M. Syafaruddin menyebutkan, dunia jurnalistik adalah merupakan mengumpulkan dan menyampaikan informasi kepada publik melaui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Sehingga masyarakat luas dapat mengkonsumsi informasi melalui berita yang disampaikan media. Untuk itu kita sanggat mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik ini, dan kita berharap pelatihan ini dilaksanakan secara kontinue. Ujarnya.

Dia berharap agar para peserta memahami dan dapat menyalurkan bakat menulis berita dengan baik. Pinta Usmar M Safaruddin. (Gona)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!