303 Ekor Kuda Hentakan Lapangan Pacuan Kuda Sengeda Bener Meriah

0

REDELONG : Even pacuan kuda tradisional dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Bener Mariah, telah resmi dibuka Pelaksana tugas ( Plt ) Bupati Beber Meriah Drs Hasannudin Darjo. MM Senin ( 9/1 ) dilapangan pacuaan kuda Sengedah Kampung Karang Rejo Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Mariah.
Sedikitnya 303 ekor Kuda akan menghentakan kaki untuk berlomba diurutan pertama  meraih garis Finis, dalam perlombaan even tahunan itu. Kuda Kelas super maupun kelas biasa akan merebut gelar juara dalam rangka meriahkan hari jadi ke-13 Kabupaten Bener Meriah.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bener Meriah Drs Haili Yoga menyampaikan, Rasulullah bersabda ” memanah dan berkuda  dalah sebuah anjuran, agar umat menjadi perkasa dalam mengarungi bahtera kehidupan “. Kata Haili Yoga.

Haili Yoga menambahkan, perlombaan pacuaan kuda tradisional dalam rangka HUT Bener Mariah ke-13 ini, tentu kita berharap pembangunan Kabupaten Bener Mariah akan berlari kencang sekencang kuda yang berlari yang dipacu hari ini. Sehingga pada waktunya juga Kabupaten Bener Meriah nengepakan sayapnya untuk terbang tinggi sebagaimana julukannya yaitu ” Negeri diatas awan ” sekaligus akan dapat mencapai cita citanya yaitu menjadi negeri Madani. Kata Haili Yoga.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun kuda yang akan bertanding selama sepekan ini adalah kuda yang berasal dari tiga Kabupaten bersaudara yaitu Bener Mariah sebanyak 138 ekor kuda, Aceh Tengah 112 ekor, dan Gayo Lues 53 ekor. Jumlah seluruh kuda yang berlomba sebanyak 303 ekor yang terbagi beberapa kelas. Ujar Haili Yoga.

” Tujuan diselenggarakan pacuan kuda ini, sebagai ajang silaturahmi antara Kabupaten yang sama-sama yang berasal dari tanah Gayo, dan juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat yang telah menjadi tradisi sejak zaman dahulu kala ” sebut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan itu.

Drs Haili Yoga

Dalam arahannya sekaligus membuka dengan resmi even pacuaan kuda tradisional Plt Bupati Bener Mariah Drs Hasannudin Darjo, MM mengatakan, pacuaan kuda yang diselenggarakan hari ini adalah dalam rangka memeriahkan HUT Bener Mariah Ke-13, dan juga menjadi simbul kemajuan Bener Meriah untuk terus berlari mengejar ketinggalan dan semoga dapat menjadi lebih didepan disegala aspek. Kata Hasanuddin Darjo.
” Melengkapi diusia ke-13 Bener Meriah Budaya Gayo tidak pernah lesu didaerah berhawa sejuk ini, seperti tari guel, pacuaan kuda. Dan pacuaan kuda di Kabupaten Bener Mariah merupakan yang terbesar di Aceh, untuk itu kita berharap seluruh pejabat yang terlibat maupun yang tidak dalam panitia diharapkan terus berpartisipasi untuk mensukseskan even pacuaan kuda ini agar ditahun-tahun kedepannya kita bukan hanya terbesar di Aceh tapi secara nasional bahkan secara internasional ” pinta Hasanuddin Darjo.

Hasanuddin Darjo menambahkan, bagi pemilik kuda nantinya baik kuda yang keluar sebagai juara maupun yang kalah agar terus merawat dan menjaga kuda-kuda dengan baik. Agar ditahun depan dapat mengikuti perlombaan pacuaan kuda yang akan selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Dan kita juga mengharapkan untuk tahun depan Kabupaten Aceh Tenggara dapat mengikuti even pacuaan kuda ini. Pinta Hasanuddin Darjo. ( Gona )

Komentar Anda
SHARE