30 Reje Kampung Kecamatan Bukit Bimtek ke Bogor

0

 

Sarahdin. SE

REDELONG : Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah terdiri dari 40 Kampung dan 3 Kemukiman. Kecamatan yang berada dikota Redelong ini diharapkan mampu menjadi Kecamatan percontohan bagi Kecamatan lain untuk mengelola anggaran desa dan menata kampung. Guna mewujudkan hal tersebut perlu peningkatan SDM para Reje Kampung di daerah tersebut.

Salah satu upaya meningkatkan SDM para Reje Kampung di Kecamatan Bukit, sedikitnya 30 Reje Kampung Ikuti Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Keprovinsi Jawa Barat Bogor. Hal tersebut disampaikan Eko salah satu pendamping Reje Kampung Rabu 23 november Via seluler.

” Dari 40 Reje Kampung yang berangkat Bimtek sebanyak 30 orang Reje Kampung dan didampingi 2 orang dari Kecamatan dan Kabupaten ( BPM) “. Kata Eko.

Eko menjelaskan, selama dua hari ini para Reje Kampung sedang mengikuti pendidikan di Provinsi Jawa Barat tepatnya di Bogor, setelah itu melakukan studi banding kesalah satu kampung Dibogor yaitu kampung Sukamana.

” Kampung Sukamana merupakan kampung peraih peringkat ke dua Nasional bidang penataan kampung dan penyusunan LKPJ kampung ”

Eko menambahkan, semoga apa yang dilihat dikampung Sukamana dapat menjadi referensi Reje Kampung dari Bener Meriah. Kata Eko seraya menambahkan adapun sumber anggaran Bimtek Reje kampung itu masing-masing dari APBDes kampung, karena dalam APBDdes ada program PPG namun karena program tersebut tidak ada maka difungsikan untuk bimtek. Jelas Eko.
Saradin, SE Camat Bukit pada saat dikonfirmasi Kabargayo Rabu ( 23/11 ) diruang kerjanya menyampaikan, keberangkatan Bimtek Reje Kampung dari Kecamatan Bukit tersebut itu merupakan inisiatif Reje Kampung sendiri, dan tidak ada arahan dari Camat. Kata Sarahdin.

” kendatipun demikian kita sanggat apresiasi inisiatif mereka sejauh tidak bertentangan dengan peraturan, karena untuk mewujudkan pembangunan kampung perlu SDM yang mampu mengelola anggaran desa dengan baik ” ujar Sarahdin.

Dia berharap setelah apa yang Reje Kampung itu dapatkan  selama Bimten, dapat menginfelementasikan di Kampung masing-masing. Agar kampung Dikecamatan Bukit dapat menjadi percontohan bagi daerah lain. Pinta Camat Bukit itu. ( Gona )

Komentar Anda
SHARE