233 Kepala Sekolah Mengikuti Sosialisasi Akte Kelahiran dan Kematian

image

TAKENGON-Sebanyak 233 kepala sekolah tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Kepala Sekolah MIN dan RA mengikuti sosialisasi akte kelahiran dan akte kematian tahun 2016 di Aula SMA Binaan Pante Raya, Rabu (11/5)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bener Meriah melalui Sekretarisnya Mahdi Baihak, SPd dalam laporannya menyampaikan, maksud dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan informasi atau pemahaman kepada para kepala sekolah ditingkat TK/RA sederajat dan SD/MI sederajat tentang pemahaman akta kelahiran dan akte kematian.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas kepada lading sektor yang terkait tentang tata cara, mekanisme pembuatan serta perubahan data yang ada dalam dokumen kependudukan salah satunya akte kelahiran,”terang Baihak.

Lebih jauh dijelaskannya, materi kegiatan meliputi, pencatatan kelahiran dan kematian berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kebijakan pemerintah berkenaan dengan pencatatan sipil tentang pencatatan kelahiran dan kematian. Permasalahan pencatatan sipil tentang pencatatan kelahiran dan arah kebijakan pelaksanaan pencatatan sipil tentang pencatatan kelahiran. Peningkatan peran pemerintah dalam hal ini instansi di bidang pendidikan khususnya yang berkaitan dengan akte kelahiran dan akte kematian. Kebijakan pemerintah berkenaan dengan kepemilikan kartu indentitas abak atau KIA.

“Narasumber materi akan disampaikan oleh tim narasumber yang terdiri dari bidang-bidang tekhnis pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bener Meriah. Sementara peserta sosiaalisasi ini berjumlah sebanyak 233 orang peserta, Kepala Sekolah SD sebanyak 129 orang, Kepala Sekolah TK 79 orang dan Kepala Sekolah MIN dan RA sebanyak 25 orang”, terang Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bener Meriah itu.

Mahdi Baihak menerangkan, bahwa pada tahun 2015 Kabupaten Bener Meriah mendapat peringkat kedelapan dari 169 kabupaten/kota dalam hal kepemilihan akte kelahiran dikalangan usia 0 hingga 18 tahun, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan patut kita apresiasi.

Plt Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh yang membuka kegiatan sosialisasi ini
Kepada seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya mengurus akte kelahiran dan akte kematian. (Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE