1878 Mahasiswa Unsyiah  KKN di Bener Meriah

0

REDELONG : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Plt Bupati Drs. Hasanuddin Darjo, MM menerima sebanyak 1878 Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata (KKN) dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Tahun 2017 di halaman kantor secretariat setempat dalam acara apel serah terima, Rabu (11/1).

Acara yang berlangsung secara kekeluargaan tersebut selain dihadiri oleh Plt Bupati juga turut hadir unsur Forkopimda, para pejabat perangkat daerah, para camat, Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Unsyiah beserta jajarannya.

Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah pada acara tersebut menyampaikan, selamat datang kepada seluruh peserta KKN, dan dosen pembimbing di Kabupaten Bener Meriah yang juga kabupaten negeri diatas awan. “Selamat datang di Bener Meriah, kabupaten diatas awan, kabupaten musarapakat, kabupaten yang indah, kabupaten yang damai, kabuapten yang intergasi dari Provinsi Aceh, kabupaten yang memiliki kopi arabika terbaik dunia,”kata Darjo dihadapan ribuan mahasiswa yang disambut dengan tepukan meriah.

Darjo juga menyampaikan terima kasihnya kepada Rektor Universitas Syiahkuala yang telah mempercakan mahasiswanya untuk melakukan KKN di Kabupaten Bener Meriah selama satu bulan. “Kami dengan segala sukacitanya dan dengan segala senang hati, sekali lagi kami ucapkan selama datang di Kabupaten Bener Meriah ini,”ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Drs.Hasanuddin Darjo, MM, Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah penghasil buah kopi yang memiliki konstruktur tanah berbukit-bukit, dengan pengunungan yang terhampar mengelilinginya, dan kawasan yang terluas, dan memiliki budaya yang beragam merupakan objek yang sangat baik untuk melakukan penelitian, seperti yang diketahui bahwa alam dan masyarakat merupakan laboratorium dari ciri yang selam ini dipelajari dikampus atau universitas.

“Kami berharap praktek KKN yang akan dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi akan memberikan manfaat kepada diri sendiri sebagai mahasiswa dan kepada warga disekitarnya nanti, mengingat prakter KKN ada program-program kerja yang harus dijalankan oleh setiap peserta. Hal ini tentu saja meberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat dan juga aparat desa dalam segi peningkatan sumber daya manusia tentunya, sehingga padanantinya kita akan mempunyai pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh dengan praktek kerjanyata ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat menuju kearah yang lebih baik lagi,”pinta Hasanuddin Darjo.

Plt Bupati Bener Meriah itu menitipkan pesan kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang akan mengelar praktek KKN di kabupaten tersebut, pertama agar peserta dapat memanfaatkan kegiatan KKN sebaik-baiknya, membantu mengembangkan pengetahuan dengan masyarakaat sekitar, dan hasilnya diharapkan mampu membantu pemerintah dan masyarakat sekitar, terutama dalam hal reperensi data pemetaan mengelola potensi sumber daya wilayah, serta tentang lahaan yang sangat luas di Kabupaten Bener Meriah.

Yang kedua, terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait yang ada di kabupaten Bener Meriah, “INSYAALLAH kami seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat daerah ini siap memberikan bantuan dan pasilitas sesuai dengan kemampuan dan peratutan pergub yang berlaku. Yang ketiga, adik-adik mahasiswa hendaklah mampu beradaptasi dengan objek yang dikerjakan dan taklupa kita mesti bersikap sopan santun dan berlaku santun dengan masyarakat disekitar kita, serta menghargai agama serta budaya lokal yang dijunjung tinggi di negeri diatas awan ini. Yang keempat, kepada para kepala dinas, camat, serta kepala desa dan semua keluarga di Kabuapten Bener Meriah ini agar melayani, menerima, dan mempasilitasi, serta membantu para mahasiswa dengan baik, sebagaimana kita melayani anak kita sendiri.  

“Kepada Rektor serta wakil rector Unsiyah, untuk tahun berikutnya agar mengirimkan para mahasiswa dan mahasiswinya ke kabupaten lebih dari jumlah yang ada sekarang ini. Insya Allah Kabupaten Bener Meriah siap setiap tahunnya menerima peserta KKN dari seluruh universitas yang ada di Provinsi Aceh ini,”kata Darjo sembari menambahkan, dia akan memberikan bonus bagi peserta terbaik dalam praktek KKN tahun ini, untuk satu orang putra dan satu orang putri kelak kembali ke Banda Aceh dengan menggunakan jalur udara, “dari Bener Meriah nanti akan terbang ke Medan, lalu dari medan akan terbang ke Banda Aceh free,”janji Darjo.

Sementara itu, Wakil Rektor Tiga Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur. Bc, pada kesempatan yang sama menyampaikaan, mahasiswa dan mahasiswi dari Unversitas Unsyiah akan melakukan KKN di Kabupaten Bener Meriah selama satu bulan. “Pada hari ini kami selaku perwakilan Rektor unsyiah menyerahkan para peserta KKN sebanyak 1878 mahasiswa yang terdiri dari 12 Fakultas, yang merupakan rata-rata semester tujuh kepada pemerintah Bener Meriah. Tujuan dari KKN ini, agar para mahasiswa dapat beradaptasi dengan masyarakat, dan benar-benar paham bagaimana mengaplikasikan ilmunya ditengah masyarakat,”terangnya.

Wakil Rektor Unsyiah itu juga meminta agar bupati dan pemerintah daerah Bener Meriah memberikan bimbingan kepada mahasiswa, karena selama ini mahasiswa hanya mempelajari ilmu akademik. “Ilmu akademik bukanlah segala-galanya, tentu ilmu masyarakat akanlebih penting, dengan ini kami mohon bimbingan dari bupati terhadap anak-anak kami, kami juga meminta kepada para mahasiswa agar mengikuti arahan-arahan yang diberikan oleh orang tua kalian di Kabupaten bener Meriah ini, sekarang orang tua kalian adalah orang yang ada ditempat tugas kalian ,”pinta Alfiansyah.

Pantauan di halaman kantor Sekretariat daerah, seusai penyampaikan arahan, Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM menanda tangani berita acara serah terima mahasiswa KKN dari Wakil Rektor Unsyiah Dr. Ir Alfiansyah Yulianur kepada Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM, sekaligus penyematan topi KKN dari Wakil Rektor Unsyiah kepada Plt Bupati Bener Meriah.(REL/Arsadi Laksamana)

Komentar Anda
SHARE