18 Sekolah Tingkat SD dan SMP Ikuti Lomba Tari Manalo

REDELONG : Sedikitnya 18 sekolah mengikuti lomba tari Munalo dalam rangka HUT Kabupaten Bener Meriah ke-13, yang digelar Dinas Pendidikan melalui Bidang Seni dan Budaya Selasa (14/3/2017) dihalaman kantor Dinas Pendidikan setempat.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah Aswad, S. Pd yang diwakili Seketaris Dinas Pendidikan Drs Tamin menyampaikan, seyogyanya kegiatan ini dilaksanakan pada awal Januari 2017 yang lalu.

” Seyogyannya kegiatan lomba tari manalo tingkat Pelajar SD dan SMP ini dilaksanakan pada awal Januari 2017 yang lalu, namun karena ada sesuatu hal sehingga sekarang baru dilaksanakan ” kata Drs Tamin.

Drs Tamin menambahkan, Peserta lomba tari Munalo ini diikuti 18 sekolah yang terdiri  tingkat SD sebanyak 9 sekolah dan, tingkat SMP 9 sekolah dengan jumlah peserta masing-masing 72 peserta tiap tingkatan sekolah sehingga jumlah seluruhnya 144 peserta. Ujar Tamin.

Selain itu juga kata Tamin, tiap sekolah didampingi 2 orang guru pendamping dan seluruh guru pendamping keseluruhannya berjumlah 36, sementara dewan juri sebanyak 4 orang yang terdiri dari juri tingkat SD 2 orang dan SMP 2 orang.

Adapun tujuan kegiatan ini, kita ingin mengali potensi diri sekaligus mendorong bakat dan kemampuan yang kreatif  dimiliki para pelajar untuk memotipasi jiwa seni dan budaya peserta didik untuk masa-masa yang akan datang. Sebut Tamin.

Sementara itu dalam sambutannya Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs Rusli M Saleh mengatakan, mudah-mudahan dengan acara yang diikuti para pelajar pada hari ini anak-anak dapat mahami dan mengerti akan keberadaan tari manalo. Kata Rusli.

Yang perlu saya tekankan kepada dewan juri lanjut Rusli, mengenai tari manalo atau tari penyembutan hampir tidak ada perbedaan antara tari manalo menyambut tamu kehormatan dan tari sinte mungerje ( penyembutan pesta perkawinan), yang seharusnya itu dibedakan. Untuk itu dalam kesempatan ini saya berharap agar perlombaan ini menjadi suatu pengetahuan bagi generasi penerus perbedaan tari manalo menyambut tamu terhormat dengan tari manalo pesta perkawinan dan kalau bisa juga ada perbedaan tari manalo tingkat pelajar yang menjadi penilaian objektif dari dewan juri sehingga generasi dapat memahaminya. Karena kalau kita sekali aja membiarkan salah maka itu akan terus menjadi kesalahan dalam seni budaya masyarakat Gayo sampai nanti. Tegas Rusli.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Bener Meriah itu menyarankan pada Dinas Pendidikan, agar menjalankan ketentuan Dinas Pendidikan dengan mempelajari dengan sebaik mungkin. Artinya untuk saat ini Dinas Pendidikan harus melakukan klasifikasi terkait dengan guru pendidikan tingkat provinsi dengan guru pendidikan Kabupaten begitu juga dengan guru honor provinsi dan Kabupaten dimana kita semu mengetahui Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA) telah menjadi kewenangan tingkat Provinsi.

Selain itu juga lanjut Rusli, Dinas Pendidikan harus mendata Kepala sekolah yang sudah menjadi Kepala selama 5 sampai 8 tahun disekolah yang sama. Dan bagi kepala sekolah yang sudah menjadi kepala sekolah sampai 8 tahun harus dipindahkan dari sekolah tersebut agar tidak terjadi kebosanan bagi dirinya. Pinta Rusli.

Dikesempatan tersebut sebelum acara perlombaan tari manalo dimulai, Plt Bupati Bener Meriah Drs Rusli M Saleh dan Seketaris Dinas Pendidikan Drs Tamin dan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Ariffendi, S. Pd menyerahkan trofi kepada pemenang perlombaan seleksi olimpiade sains nasional tingkat SMP masing-masing kepada  juara I Matematika yang diraih Rofik Harapan asal sekolah SMP negeri 4 Timang Gajah juara II diraih Ryan Alfi Rantoni asal sekolah SMP negeri 1 Timang Gajah dan juara III diraih Lisma Ayunita dari Sekolah Man 4 Bener Meriah.

Sedangkan untuk Juara Sains IPA Juara I diraih Rafika Yulianti asal sekolah SMP negeri 2 Permata, Juara II diraih Indah Humairoh asal sekolah MTsN 2 Bener Meriah, dan Juara III diraih Annuri Salmi dari sekolah SMP negeri 1 Pintu Rime Gayo. Sementara untuk Juara Sains IPS Juara I diraih Sukma Wira Ningrum dari sekolah SMP negeri 1 Bukit, Juara II diraih Rahmawati dari sekolah SMP negeri 1 Pintu Rime Gayo, dan Juara III diraih Anang Anugrah dari sekolah SMP negeri 2 Bandar. (Gona)

Komentar Anda
SHARE