​Tim Gabungan Sidak ke Pasar dan Swalayan di Takengon

0



Tribratanewsacehtengah.com

TAKENGON: Tim gabungan terdiri dari puluhan personel Polres Aceh Tengah, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, Bulog, Dinas Kesehatan, Ketahanan Pangan, Pol PP dan pihak terkait, gelar Sidak (Inspeksi mendadak) ke pasar dan swalayan, di seputaran Takengon, Kamis (08/06/17).

Dikutip dari Tribratanewsacehtengah.com, Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah, AKP Fadillah Aditya Pratama S.IK  dan Kasat Intelkam AKP Muara Uli SE MM, juga ikut melakukan Sidak tersebut. Target “operasi” ini adalah pedagang makanan dan minuman, pasar tradisional dan sejumlah Swalayan dan Indomaret yang ada di kota Takengon.

Pantauan di lapangan, Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam langsung mengecek barang yang dijual di pasar seperti mie kuning, nuget ikan, dan beberapa produk yang dicurigai berbahaya bagi kesehatan, baik yang sudah kedaluwarsa ataupun yang mengandung bahan kimia berbahaya. Kemudian yang tidak mencantumkan label MUI, dan kemasan yang sudah tidak layak.

Hasil dari Sidak ini, disalah satu Swalayan Tim Gabungan berhasil mengamankan beberapa makan seperti siap saji, kaleng susu yang sudah rusak kemasan, kaleng makanan sarden yang sudah peyot bahkan makanan yang di impor dari luar negeri yang tidak memiliki label BPOM RI serta tanda kadaluarsa pun diamankan Tim gabungan.

Kasat Reskrim AKP Fadillah Aditya Pratama S.IK mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjamin kesehatan dan kemanaan produk makanan dan minuman demi untuk melindungi konsumen.

Semua  barang yang diambil sebagai sample untuk diteliti dicatat. Sedangkan yang sudah ketahuan sudah kedaluarsa langsung disita. Bagi swaalayan yang terindikasi menjual produk yang sudah kedaluwarsa atau pelangganan lainnya akan diberikan peringatan. Bagi swalayan  yang sudah berulang kali melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi, berupa pencabutan izin.

“Dari produk yang diamankan baik di pasar tradisional maupun di beberapa swalayan sudah didata nama pemiliknya, barang yang dicurigai akan dites oleh petugas laboratorium selanjutnya hasilnya akan disampaikan untuk ditindak lanjuti” jelas Kasat.(Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE