​Proses Evakuasi Longsor Utung-Utung  Melibatkan Tim Gabungan

0

TAKENGON: Proses evakuasi Musibah longsor Kawasan Utung-Utung, Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, yang dipimpin langsung Kepala BPBD Aceh Tengah, Jauhari   melibatkan Puluhan tim gabungan.
Musibah yang terjadi sekitar, pukul 12.00 Wib, Sabtu (22/4/2017,) dan  terjadi dilintasan jalan lingkar Danau Lut Tawar ini bahkan menutupi Badan jalan, Mendale- Bintang ini selain menutupi badan jalan juga merusak  fasilitas milik kelompok pengawas perikanan binaan Dinas Perikanan Aceh Tengah, satu unit kenderaan roda empat pick up dan satu unit sepeda motor.

Satu unit mobil yang tertimbun longsor itu,  ditumpangi tiga orang, beruntung ketiganya bisa langsung dievakuasi dan dibawa ke Pukesmas Bintang, satu orang  mengalami patah dibagian kaki sementara dua orang lainnya luka ringan.  Sementara salah korban lainnya yang sedang memancing di tepian danau, diduga tertimbun dan jatuh ke danau dan belum ditemukan.

Karena tertimbun longsor dan tidak dapat dilalui kendaraan, pengguna jalan yang hendak melintas dialihkan ke sisi selatan Danau Lut Tawar atau melewati arah, jalan Mengaya-Hotel Renggali.

Sementara itu Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Jauhari Kepada Wartawan mengatakan pihaknya sedang berusaha untuk membersihkan longsor dan mengevakuasi korban. Karena kondisi tanah dan bebatuan sangat rentan terjadi longsor susulan, pihak BPBD Aceh Tengah harus ekstra hati-hati dan melihat situasi terutama dalam proses evakuasi demi keselamatan Tim.

Sementara proses evakuasi korban yang diduga hilang dan jatuh ke danau BPBD dibantu Gayo Diving Club (GDC).“ Sisa longsoran sangat berbahaya dan sewaktu-waktu dapat terjadi longsor susulan. Di bagian terbing, masih ada 1 batu besar yang bisa saja jatuh,” kata Munawardi Ketua GDC.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, juga terlihat  meninjau tempat kejadian. Nasaruddin meminta proses evakuasi diutamakan.

Dari informasi dihimpun Kabargayo sejauh ini korban yang telah dievakuasi ke Puskesmas Bintang dan Rumah Sakit Umum (RSU) Datu Beru Takengon adalah Hamjah Aman Syafrizal (52) alamat Bom Takengon Timur, korban sedang dirawat di RSUD Datu Beri Takengon, sedangkan korban yang dirawat di Puskesmas Bintang,  adalah Arman (45) alamat Konyel Kecamatan Bintang, Darlina alamat Konyel, Taqwa (4), Zulkifli (45), alamat Reje Bukit. (Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE