​Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Buka Sosialisasi Renja Kemitraan Kompak



REDELONG : Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh membuka kegiatan sosialisasi dan diskusi rencana kerja kemitraan kompak di Aula Setdakab setempat, Rabu (26/4).
Kepala BAPPEDA Bener Meriah yang diwakili oleh Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi Ilham Abdi, SSTP, M.AP dalam laporannya menyebutkan, Kompak merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia dalam mendukung program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dimana tahapan pertama Kompak adalah untuk periode Tahun 2015-2018.

“Kemitraan ini merupakan sebuah kelanjutan dari kerjasama kedua Negara yang telah berjalan beberapa decade untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui peningkatan tata kelola, pelayanan dasar dan penciptaan lapangan kerja bagi 40 persen masyarakat termiskin. Kemitraan ini dilaksanakan melalui lima kementerian /lembaga yaitu Bappenas, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK),”terang Ilham.

Dia juga menambahkan, daerah kerja Kompak saat ini terfokus di tujuh Provinsi yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Papua dan Papua Barat. Untuk Provinsi Aceh di tiga Kabupaten, yaitu, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Aceh Barat. Di Kabupaten Bener Meriah, terfokus di Kecamatan Bandar, di enam Kampung dampingan yaitu, Kampung Pondok Gajah, Kampung Pondok Baru, Kampung Paya Ringkel, Kampung Jadi Sepakat, Kampung Purwosari, dan Kampung Mutiara.

“Untuk saat ini kehadiran Kompak di tengah-tengah kita sangat banyak membantu dalam program pengentasan kemiskinan, dan kedepan diharapkan kerja sama yang telah berjalan dapat ditingkatkan kembali, sebagaimana disampaikan pada pembahasan Musrenbang RKPA 2018 Aceh beberapa waktu lalu di Banda Aceh,”kata Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi Bappeda Bener Meriah Ilham Abdi, SSTP, M.AP dalam laporannya.

Sementara itu Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh dalam kesempatan yang sama menyampaikan, kami sangat berterima kasih kepada pihak kompak yang telah menjadikan Kabupaten Bener Meriah sebagai salah satu kabupaten dampingan dalam rangka mendorong RPJM Nasional didalam pengentasan kemiskinan.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik apalagi ditambah dengan dukungan Kompak,”kata Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah itu.

Turut hadir dalam acara sosialisasi dan diskusi rencana kerja kemitraan tersebut pejabat perangkat daerah Kabupaten Bener Meriah, para anggota DPRK Bener Meriah, Camat Bandar, para reje kampung, mitra kompak Gerak Aceh.(REL)

Komentar Anda
SHARE