​Pak Nas Salurkan 20 Ribu Bibit Jeruk Keprok Gayo

TAKENGON- Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin ( Pak Nas) menyalurkan 20 ribu bibit jeruk Keprok Gayo kepada petani yang tersebar di Kecamatan Kebayakan dan Kecamatan Bebesen.

Bibit jeruk Keprok Gayo yang disalurkan tersebut menurut Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Nasrun Liwanza merupakan bantuan Pemerintah melalui APBN sebanyak 16 ribu bibit dan 4 ribu bibit bantuan Pemerintah Aceh melalui APBA.

“Bibit yang disalurkan ini merupakan program dinas pertanian untuk mengembangkan kembali jeruk Keprok Gayo, khususnya melalui strategi pengaturan jarak tanam,” ujar Nasrun disela peluncuran strategi pengembangan Jeruk Keprok Gayo melalui pengaturan jarak tanam, Kamis (6/10) di bertempat di Aula Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Aceh Tengah.

Nasrun optimis melalui pengaturan jarak tanam akan meningkatkan produktifitas tanaman dan kualitas jeruk Keprok Gayo dimasa mendatang.

Usai menyerahkan bibit secara simbolik, Pak Nas mengharapkan bibit yang disalurkan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

“Bibit yang diterima agar dirawat dengan baik, jangan dibiarkan saja dan tidak ditanam sesuai dengan aturan jarak yang disarankan, kita tidak ingin bibit-bibit ini menjadi sia-sia,” ungkap Nasarudin.

Nasaruddin mengharapkan masyarakat mendapat nilai tambah dari tanaman jeruk yang selain untuk menaungi kopi bila dirawat dengan baik juga memiliki nilai jual tinggi.

“Jeruk dan kopi masa panennya tidak sama, ketika tidak panen kopi, petani bisa panen jeruk, sehingga penghasilan petani kita tidak pernah putus dan tentunya ekonomi masyarakat juga akan meningkat,” demikian Nasaruddin.(Rel)

Komentar Anda
SHARE