Di​nas Sosial Aceh Konsen Lakukan Pendataan Pengungsi Gempa Pidie Jaya

0


MEUREUDU- Selama masa tanggap darurat, Dinas Sosial Aceh akan konsen melakukan pendataan korban musibah Gempa Bumi yang melanda Pidie Jaya dan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan Kadis Sosial Aceh, Alhudri disela kunjungan Anggota Komisi VI DPRA ke Posko Induk Dinas Sosial Aceh di Gampong Deah Pangwa, Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya, Sabtu 17 Desember 2016.

“Saat ini tim kita masih terus melakukan pendataan by name by address lengkap dengan foto dan kondisi rumah warga yang mengungsi,” ungkap Alhudri.

Menurutnya data yang valid tersebut sebagai bahan internal pihaknya untuk menyalurkan bantuan agar tepat sasaran. Selain itu, data yang dihimpun tersebut juga dapat menjadi bahan pembanding dari data yang dihimpun instansi lain.

“Untuk data resmi tetap satu, data yang kita himpun dapat dijadikan sebagai pembanding dan lebih utama lagi agar bantuan yang disalurkan dapat tepat sasaran,” katanya.

Sementara Ketua Komisi VI DPRA, Iskandar Daod mengatakan penting dalam penanganan bencana memiliki data yang valid.

“Data yang valid perlu agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran, akan jadi persoalan jika data tidak akurat, terutama saat rehab dan rekon,” katanya.

Iskandar menyebutkan data yang valid selain diperlukan untuk menjamin warga yang tertimpa musibah mendapatkan manfaat atau bantuan, juga untuk menghindari persoalan hukum.

Nanti koordinasi juga dengan BPBA, jangan ada yang tidak tertampung, dan sebaliknya jangan ada yang dilebihkan apalagi fiktif,” demikian Iskandar yang turut didampingi Anggota Komisi VI lain diantaranya, Tarmizi, Ummi Kalsum dan Hj. Fatimah.(REL)

Komentar Anda
SHARE