​Mahasiswa Teknik Lingkungan FT USM Gelar Sapu Bersih Pantai

0

BANDA ACEH:Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (HMTL FT USM), minggu pagi (15/1) melaksanakan kegiatan Sapu Bersih Pantai bertempat di sekitar Pesisir Pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.
Aksi bertemakan “Lindungi Ekosistem Pesisir Dari Dampak Lingkungan Melalui Gerakan Kutip Sampah”. Demikian disampaikan Plt. Ketua Himpunan Teknik Lingkungan FT USM, Deni Asmar. Kegiatan yang dihadiri lebih kurang seratusan  mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar di pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan menggalang kerjasama antara FT USM dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Adapun tujuan dari kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi ilmu dan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sebagai upaya untuk menghimbau bagaimana masyarakat memilah dan memilih sampah dengan baik mengajak masyarakat yang liburan atau berkunjung ke wilayah pesisir pantai agar tidak membuang sampah sembarangan serta mengubah perilaku yang suka membuang sampah disembarang tempat menjadi taat pada aturan serta mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menjadikan Kota Banda Aceh yang indah, bersih dan lestari, sehingga tetap mampu mempertahankan Penghargaan Adipura yang sudah berkali-kali diraih, ungkap Ir. TM Zulfikar, MP., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, saat membuka kegiatan tersebut.

Selain TM Zulfikar, juga dihadiri oleh Keuchik Gampong Jawa, Tokoh Masyarakat setempat serta Pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB s/d 16.00 WIB tersebut, dimulai dari titik TPA/TPLT (Tempat Pembuangan Sampah/Tempat Pengolahan Limbah Terpadu) menuju sampai ke perbatasan pantai Ulee Lhee yang merupakan tempat wisata bagi sebagian besar masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, serta kerap dikunjungi pengunjung dari luar Kota Banda Aceh.

Selain itu kegiatan ini juga berlanjut sampai ke pantai Lampuuk, Lhoknga, dimana lokasi pantai ini juga merupakan pantai dengan peminat wisatawan lokal maupun luar Kota Banda Aceh, dan memiliki tingkat kunjungan yag sangat tinggi.

Selain aksi sapu bersih pantai, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah juga melibatkan beberapa Himpunan Mahasiswa lainnya seperti Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMASTIF) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMTEKI) yang merupakan bagian dari organisasi mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah.

Mereka juga melakukan orasi yang berisi himbauan kepada publik untuk tidak membuang sampah sembarangan serta merubah perilaku konsumsi dan peduli akan kebersihan lingkungan. Harapan kita tentunya dengan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat Kota Banda Aceh, maka bukan tidak mungkin nantinya Banda Aceh akan bersih dari berbagai sampah atau zero sampah, pungkas Deni Asmar. (REL)

Komentar Anda
SHARE