​Kelompok Tani di Aceh Tengah Terima 25 Unit Traktor

TAKENGON-Untuk mendukung upaya khusus swasembada beras, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyalurkan 25 unit Traktor roda dua kepada 25 kelompok tani.

Penyerahan traktor dilakukan oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin dan turut didampingi oleh Dandim 0106 Aceh Tengah, Didit Hari Prasetyo Putro dan Kapolres Aceh Tengah, AKBP. Eko Wahyudi, Kamis (6/10) di aula Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Aceh Tengah.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Ir. Nasrun Liwanza penyerahan traktor tersebut merupakan bantuan Pemerintah melalui sumber dana APBN sebanyak 18 unit ditambah 7 unit dari APBK Aceh Tengah.

“Untuk mendukung Upsus swasembada beras, kita mengusulkan pengadaan traktor, dan kebutuhan traktor masih juga perlu diadakan berkelanjutan,” ungkap Nasrun.

Ditambahkannya, selain traktor untuk mendukung swasembada beras pihaknya juga terus meningkatkan pembangunan irigasi, pengadaan bibit unggul, penyaluran Pestisida, pupuk dan peningkatan jalan usaha tani.

Sementara Bupati Nasaruddin mengatakan traktor yang dibagikan agar dimanfaatkan secara efektif oleh anggota kelompok tani.

“Makanya diberikan kepada Kelompok tani bukan ke perseroangan, sehingga traktor bantuan ini bisa diatur dan dimanfaatkan dengan baik secara bersama-sama,” ujar Nasaruddin.

Selain itu, Nasaruddin menekankan traktor yang dibagikan tersebut dirawat secara berkala.”Karena traktor ini mesin, jadi perlu perawatan berkala, kalau saatnya ganti oli ya diganti, begitu juga perlu servis secara teratur, jangan tunggu rusak dulu baru diperbaiki, biayanya bisa mahal,” tegasnya.(Rel)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!