​Kapus Bukit Himbau Orang Tua Tidak Larang Anak Suntik Vaksin 

0

REDELONG- Kepala Pukesmas Bukit, Bener Meriah Asmah,Amd.Keb Selasa (8/11) menghimbau agar orang tua murid tidak melarang anaknya untuk dilakukan penyuntikan, imunisasi kekebalan tubuh yang apa bila terkena penyakit tidak berkepanjangan.

Disebutkan Asmah, yang menjadi kendala dari program tersebut yakni mendapat larangan dari beberapa wali murid sehingga ada beberapa anak yang mengaku tidak diberi izin disuntik vaksin padahal manfaat vaksin itu sendiri untuk kekebalan tubuh.
 “ Sebelum kita turun ke sekolah kita terlebih dahulu menyurati sekolah dan ada beberapa orang tua yang tidak memberikan izin dengan alas an yang bermacam-macam sehingga menjadi kendala bagi kita” ujar Hasanah..
Menurut Hasanah, beberawa wali murid takut bahwa paksin yang kita berikan palsu atau lain sebagainya setelah melihat pemberiataan padahal program tersebut sangat baik bagi kesehatan anak-anak. Hasnah menjelaskan, Tujuan dari pelaksanaan suntik BIAS untuk mempertahankan eleminasi Tetanus,neonaturum, pengendalian penyakit difteri dan penyaakit campak dalam jangka panjang melalui DT,TT dan Campak pada anak.

Adpun bahaya penyakit campak, panas tinggi, radang mulut dan tengorokan, diare, radang otak, giji meburuk dan radang paru. sering disertai komplikasi bronchop neumonia yang banyak menyebabkan kematian pada bayi dan anak. Dengan cara penularan secara kontak langsung dan melalui pernapasan penderita yang terkena campak.

Sedikitnya Asmah menyebutkan, diwilayah Kecamatan Bukit terdapat 19 sekolah SD/MI yang akan dilakukan penyuntikan terhadap anak didik kelas satu sampai kelas tiga. Yang di jadwalkan selama lima hari acara tersebut sudah berlangsung sela dua hari. (Uri)

Komentar Anda
SHARE