​Jalan Layong Bintang ” Memprihatinkan”

0

TAKENGON: Masyarakat kawasan Kemukiman Serule, Kecamatan Bintang Aceh Tengah sepertinya harus mengelus dada, betapa tidak, akses jalan menuju salah satu daerah saat ini rusak parah dan sulit dilalui.
Jalan daerah  peruweren Loyang Selure ini cukup ” memprihatinkan “, padahal sebelumnya ruas jalan yang dibangun PT. Kertas Kraf Aceh ini sangat bagus badan jalannya namun setelah beroperasinya salah satu perusahaan besar yang mengambil bahan material dari sungai Layong kondisi jalan ini sangat sulit di lalui.

Di ruas jalan kawasan Kemukiman Serule tersebut banyak lobang yang menganga di badan jalan begitu juga  dengan tumbuhnya semak belukar dikiri kanan jalan.

Secara ekonomi untuk saat ini aktivitas masyarakat yang ada di daerah ini pada umumnya adalah petani dan peternak kerbau maupun sapi dimana sebahagian suplay kebutuhan daging wilayah tengah Aceh berasal dari daerah ini, begitu juga dengan padi atau  beras yang kerap di juluki ” Beras Serule” .

Asal Linge Awal Serule hanya tinggal slogan lagi ditengah -tengah program Jokowi menargetkan pembangunan dari daerah pinggiran.

Dari hasil survey pihak terkait bahwa ruas jalan ini, paling esensial dan paling dekat menuju kota Medan dari kota Takengon hanyak berjarak 335 km yang melintasi beberapa daerah strategis di tiga kabupaten di Aceh Tengah, Gayo Lues daerah Lesten , Tamor Paluh, lukup serbe Jadi di Wilayah Aceh Timur hingga menuju perbatasan Tiga Binanga Sumatra Utara.

Seharusnya jika ruas jalan ini bisa menjadi kenyataan maka merupakan terobosan jalan nasional terbaru dan terdekat menuju kota Medan, perbandingannya jika dari dihitung dari depan  polres Aceh Tengah maka perbandingannya Ruas jalan Takengon – Bireun -Lhokseumawe- Medan jarak tempuh 405 km, ruas takengon- Bener Meriah – Lhokseumawe – Medan 384 km, sementara jalan ini yang hanya butuh peningkatan badan jalan hanya berjarak 335 km.

Saat ini masyarakat di daerah ini menunggu kemauan serta komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk segera membangun jalan demi kesejahteraan rakyat.  ( Rendy)

Komentar Anda
SHARE