​BPBD Aceh Tengah Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

0

TAKENGON-    Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tengah, mengadakan pelatihan terhadap sejumlah anggota pemadam Kebakaran kabupaten Aceh Tengah, Senin 17/4/2017 di Gedung Pendari Aceh Tengah. 

Pelatihan Pendidikan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, selain melibatkan unit personil Damkar, juga di ikuti oleh sejumlah Tim Reaksi Cepat (TRC) Aceh Tengah.

Azairin dari Dinas Kebakaran Provinsi Aceh yang menjadi sumber pemateri pelatihan, dalam kesempatan itu menjelaskan fungsi pokok tugas damkar. Azairin selaku pemateri tunggal dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada seluruh peserta pelatihan, bahwa api memiliki rantai Kimia dalam setiap pembakaran/kebakaran, reaksi asap dan racun yang keluar serta timbul dari api bisa membahayakan keselamatan bagi tim damkar.

Azairin menegaskan pentingnya alat pengaman dan pengenalan terhadap jenis-jenis kebakaran sesuai tingkat spesifikasi alat pemadam api, bertujuan untuk efisiensi dan efektifitas pemadaman kebaran.

Sementara Mauiza Uswa selaku Sekertaris BPBD Kabupaten Aceh Tengah, kepada media mengharapkan penyelenggaraan acara pelatihan tersebut bisa lebih meningkatkan efisiensi kinerja anggota BPBD di Aceh Tengah, bukan hanya terhadap kinerja dari unit DAMKAR, akan tetapi juga terhadap tim TRC Aceh Tengah, bahkan menurut Mauiza pelatihan tersebut juga selanjutnya akan diterapkan kepada masyarakat, melalui Desa binaan dan pembentukan Tim Relawan di tingkat Desa dan Kecamatan. 

Salah satu contoh untuk pembinaan di masyarakat, menurut Mauiza pernah diterapkan terhadap Desa Pucuk Deku, Kecamatan Bies, terhadap masyarakat desa tersebut pihak BPBD Aceh Tengah menilai telah sukses melakukan pelatihan terhadap penanggulangan bencana, pasca Gempa 2013 . 

Mauiza berharap adanya dukungan penuh dari masyarakat dan Pemerintah Daerah, karena segala bentuk bencana, adalah masalah yang harus di hadapi bersama penanggulanganya dalam suatu daerah, Mauiza juga mengatakan bahwa pihak BPBD Aceh Tengah bersedia menjadi sumber pemateri jika sewaktu-waktu ada pihak di tingkat desa dan Kecamatan yang memfasilitasi pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran. 

Saat ini menurut Mauiza selaku sekertaris BPBD Aceh Tengah, personil Damkar berjumlah 147 orang dan personil unit TRC 30 orang yang bertugas di Kabupaten Aceh Tengah .   (ErwinSp)

Komentar Anda
SHARE