​Akhirnya Kemukiman Pamar Terang Benderang

0

Kepala Cabang PLN Takengon, Lukman Hakim

TAKENGON: Warga Pamar Kecamatan Rusip Antara kini sudah bisa bernafas lega, betapa tidak dengan masuknya arus listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Takengon, kebutuhan listrik mereka akhirnya terpenuhi. Jika sebelumnya dalam satu hari hanya dua belas jam listrik menyala kini dipastikan aliran listrik akan menyala 24 jam di wilayah itu.

Kepala Cabang PLN Takengon, Lukman Hakim mengatakan, saat ini ada sekitar 400 kepala keluarga selain kompi Pamar yang sudah bisa menikmati arus listrik dari PLN. Hal ini tentu terbangun berkat kerja sama antara PLN dan masyarakat Aceh Tengah.

“Alhamdulilah selama bulan ramadan ini masyarakat Pamar sudah bisa menikmati arus PLN tanpa harus menghidupkan mesin lokal. Dan 400 KK selain Kompi sudah menjadi pelanggan PLN cabang Takengon,” terang Lukman, (16/6).

Menurut Lukman selama ini masyarakat Pamar hanya bisa terang benderang selama 12 jam belakangan, itu pun karena ada mesin milik pemerintah setempat. Selebihnya ada juga bagi masyarakat yang mampu membeli ginset.

“Belakangan hanya dua belas jam masyarakat pamar dialiri arus listrik dengan mengunakan mesin lokal. Dan sekarang telah dua puluh empat jam, kalau jaringan tidak tergangu, karena kondisi medan sulit,” tutur Lukman yang baru menjabat di PLN Aceh Tengah.

Ini adalah salah satu kegiatan program listrik desa (lindes), semangat menerangi pelosok nusantara. Pamar yang berada di ujung sebelah barat Aceh Tengah berbatasan dengan kabupaten Pidie kini masyarakatnya bisa tersenyum dengan hadirnya PLN menerangi seluruh pelosok desa.

Ini program Listrik Desa, semangat menerangi pelosok nusantara dari PLN, dan seterusnya untyuk Aceh Tengah sudah 99 persen seluruh pelosok sudah teraliri arus listrik PLN. Dan kalaupun ada yang luput dari pantauan kami mohon diberitahu,” pinta Lukman didampingi dua staf.

Kemukiman Pamar berjarak 90 kolometer dari ibu kota Takengon memang mempunyai medan yang sangat sulit. Namun semua berjalan dengan baik tanpa kendala apapun. “Semua berjalan dengan baik, walau medan pemasangan peralatan arus harus dikerjakan dengan hari-hari,” ujar Lukman menjelaskan. (Putra Gayo)

Komentar Anda
SHARE