​Aceh Tengah Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun 2016

0

TAKENGON-Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-13 tahun 2016 yang dipusatkan di Kampung Despot Linge Kecamatan Linge, Sabtu (15/10/2016).
Pencanangan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin disertai dengan penyerahan sejumlah peralatan kerja dan bibit tanaman.

Nasaruddin atau akrab disapa Pak Nas mengharapkan pencanangan BBGRM menjadi momentum untuk mengingatkan dan meningkatkan semangat gotong royong dalam masyarakat sebagai nilai luhur budaya bangsa.

“Pencanangan BBGRM memiliki makna dan tujuan besar untuk membangkitkan kembali nilai-nilai luhur budaya bangsa, khususnya semangat gotong royong dan kebersamaan,” ungkap Pak Nas.

Menurutnya, semangat gotong royong merupakan jati diri atau warisan leluhur yang harus dipertahankan, karena didalamnya tercermin rasa persatuan, kesatuan dan kesetiakawanan sosial.

“Harus diakui, jika dulu semangat gotong royong begitu kental dan menjadi bagian dari keseharian masyarakat, namun dewasa ini nilai-nilai gotong royong sudah terlihat mulai memudar,” katanya.

Pak Nas menambahkan, banyak permalasahan di lingkungan masyarakat yang seharusnya dapat diselesaikan melalui jalan gotong-royong, seperti membersihkan selokan, rumput dipinggir jalan, buang sampah pada tempatnya serta menjaga kebersihan di ruang publik, namun sepertinya semangat ini semakin berkurang.

“Jangan menunggu pihak lain untuk mengerjakan apa yang bisa dilakukan dengan bergotong rotong oleh masyarakat, seperti menunggu pemerintah turun tangan mengatasi apa yang bisa dikerjakan oleh masyarakat dengan bergotong-royong,” ujarnya.

Pak Nas menekankan rasa memiliki menjadi pondasi untuk menggalakkan semangat gotong royong, rasa memiliki jalan yang bersih, rasa memiliki terhadap kelancaran selokan, rasa memiliki terhadap kebersihan ruang publik, dengan demikian warga punya rasa memiliki terhadap lingkungan.

Pencanangan BBGRM hari itu juga dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-44 tahun 2016. Kegiatan BBGRM akan berlangsung selama 1 (satu) bulan penuh.

Tampak hadir pada pencanangan BBGRM, ketua TP PKK Aceh Tengah, Ny. Apini Nasaruddin serta segenap pimpinan SKPK Aceh Tengah.(Rel)

Komentar Anda
SHARE