​40 Reje Kampung Ikuti Sosialisasi Akte Kelahiran dan Akte Kematian

0

REDELONG : Sebanyak 40 orang Reje Kampung dalam Kecamatan Bukit mengikuti sosialisasi akte kelahiran dan akte kematian Tahun 2017, diruang serbaguna Kantor Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Bener Meriah, Kamis (13/4).
Irnawati, SE selaku ketua panitia kegiatan tersebut menyampaikan, maksud diselenggarakannya sosialisasi akte kelahiran dan akte kematian Tahun 2017 adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada reje kampung tentang tata cara pengurusan dan pemanfaatan akte kelahiran dan akte kematian.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk peningkatan kualiatas kepada lading sector  yang terkait tentang tata cara, mekanisme pembuatan serta perubahan data yang dalam dokumen kependudukan salah satunya akte kelahiran,”terang Irnawati.

Ditambahkannya, sebagaimana diketahui bersama bahwa untuk pencatatan perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan, hal ini dapat dilihat dari ketentuan Pasal 52 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, jonto Pasal 93 Ayat 2 Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.   

“Untuk maksud tersebut maka diharapkan dengan adanya kegiatan ini, perubahan nama yang di akibatkan karena tidak samanya data antara ijazah dan akte kelahiran dapat kita minimalisir, sehingga tidak merugikan anak kita sendiri,”harap Ketua Panitia Sosialisasi Akte Kelahiran dan Akte Kematian itu.

Lebih jauh disampaikannya, kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama satu hari. Untuk materi yang akan disampaikan meliputi, pencatatan kelahiran dan kematian berdasarkan Undang-undang dan paraturan berlaku.

Kebijakan pemerintah berkenaan dengan pencatatan sipil tentang kelahiran dan kematian. Permasalahan pencatatan sipil tentang pencatatan kelahiran dan arah kebijakan pelaksanaan pencatatan sipil tentang pencatatan kelahiran. Peningkatan peran pemerintah dalam hal ini isntansi bidang pendidikan berkaitan dengn akte kelahiran dan akte kematian. Tatacara dan mekanisme pengurusan akte kelahiran dan akte kematian.

“Untuk narasumber sendiri terdiri dari bidang-bidang teknis pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bener Meriah,”demikian disampaikan Irnawati, SE Ketua Panitia Sosialisasi Akte Kelahiran dan Akte Kematian Tahun 2017 itu.(REL)

Komentar Anda
SHARE